Membangun Semangat Baru ditahun 2011

Tidak terasa kita sudah berada di tahun 2011. Sungguh cepat berlalu tahun 2010. Tanpa disadari setahun telah berlalu. Bahagia gagal berhasil senang sedih ditahun 2010 tinggallah kenangan. Semangat baru pun harus ditata dengan baik.
Ini adalah tulisan pertama ku di tahun yang baru. Tak terasa tahun 2010 telah berlalu. Suka duka dan segala kisah yang tertulis di sana akan menjadi kenangan yang tak pernah terlupakan.Kegagalan yang pernah ku buat, akan menjadi pelajaran yang paling berharga untuk ku, bahwa aku harus lebih banyak belajar dan bersunguh-sungguh dengan impian ku.

Dan keberhasilan yang pernah ku capai waktu itu akan menjadi penyemangat dan motivasi terbaik bagi ku. Bahwa aku ternyata bisa! Bahwa aku punya kesempatan yang sama untuk berhasil. Dan aku adalah satu di antara orang-orang yang terbaik.

Pernah suatu ketika aku pernah berpikir, betapa berat dan kerasnya perjalanan hidup ini. Seolah olah hati ini tak mampu lagi menahan beban masalah. Saat kita merasa lunglai, lemah dan berat melangkahkan kaki, merasa tak kuat dan bingung menghadapi berbagai suasana hidup yang sulit dan berat. Ketika kita tak lagi merasa mampu berdiri menopang beban berat yang harus dipikul. Oh no...tidak. itu bukan tanda-tanda kelemahan yang patut disesali.

Sebab manusia memang diciptakan dalam keadaan serba lemah. Tapi Allah SWT berjanji tidak akan menimpakan beban masalah kepada seseorang, di atas batas kemampuan orang tersebut untuk memikulnya.
Dalam sebuah ungkapan, Imam Hasan Al Basri mengatakan, “ketika badan sehat dan hati senang, semua orang mengaku beriman. Tetapi setelah datang cobaan, barulah diketahui benar tidaknya pengakuan itu. Orang yang ingin permintaannya cepat terkabul hari ini dan tidak sabar menunggu, itulah orang yang lemah iman.”

Memang ada orang pintar yang hidupnya miskin, orang bodoh yang hidupnya kaya raya, pembela kebenaran hidup terisolir, orang kafir memiliki harta benda berbidang-bidang tanah, orang islam jadi penyapu jalanan. Nabi Ya’qub harus kehilangan anaknya,Yusuf yang sangat dicintainya. Nabi Musa as,ia dilahirkan dalam kondisi memprihatinkan. Dikirmkan dalam sebuah peti oleh ibunya ke sungai Nil karena takut dibunuh oleh Fir’aun. Setelah besar diutus menjadi Nabi, dan sekian lama menumpang di rumah ayah angkatnya sendiri, Fir’aun. Setelah itu datang petunjuk dari Allah bahwa ayah angkat itulah musuhnya. Nabi Ibrahim as. Cobaan apa yang melebihi cobaan yang menimpa kekasih Allah itu? Imannya diuji dengan ujian yang beratnya tidak ada tandingnya. Diperintahkan untuk menyembelih anak kandung sendiri.

Pernahkah mereka mengeluh...? tidak. Mereka yakin bahwa iman kepada Allah SWT memang menghendaki perjuangan, pengorbanan sekaligus kekuatan hati. Mereka tidak menuntut kemenangan lahir, karena memang mereka selalu menang di alam batin.

Disitulah tersimpan kekuatan iman. Tanpa kekuatan iman, sujud dan ruku’ menjadi kering. Karena sesungguhnya ia hanya laksana dahan yang berasal dari batang keimanan. Dahan akan kurus,daun akan kering, bila batang tak memiliki akar yang kuat,kokoh,dan tak mudah goyah diterpa angin dan badai. Dahan dan ranting sangat tergantung oleh suplai makanan dari batang dan akar. Batang dan akar itulah substansi iman.

Hidup itu tidak selamanya mulus, lurus… banyak onak durinya lho. Kadang capek, kadang menangis, kadang kehabisan uang, kadang banyak utang, kadang banyak masalah, kadang susah payah, kadang kita jatuh, kadang kita bahagia, dan terkadang kita sedih, itulah yang kita alami dalam hidup ini. Karena begitu besar batu yang harus kita terjang, begitu sulit lika-liku yang harus kita lalui, begitu pedih kenyataan yang harus kita hadapi, dan begitu kejam kehidupan yang harus kita jalani. Maka mulai hari ini, detik ini, jam ini marilah kita bangkit dari kepedihan ini, dan MEMULAI SEMANGAT BARU. Karena hidup adalah proses belajar dan berjuang tanpa batas, dan kita bisa melakukan banyak hal, jika kita tidak berpikir mustahil untuk melakukan hal yang positif. Jika kita tidak bisa mengubah nasib kita, maka ubahlah sikap kita kepada diri kita masing-masing, kepada orang lain, dan kepada kehidupan kita...!!!

Di awal tahun 2011 ini aku akan jalani hidup ini dgn lapang hati. Bukankah apapun yang terjadi memang sudah takdir Ilahi...? Memang itulah yg terbaik. Jangan banyak mengeluh dan murung, seolah-olah hanya kita yang selalu ditimpa masalah dan paling menderita sedunia, sedang yg lain tak ada masalah…Lihatlah saudara2 kita di Palestina, Irak, Afganistan, Padang dll… mereka tabah, mereka pasrah, mereka ridho, apapun yg terjadi mereka serahkan pada Allah SWT.

Membangun semangat baru di tahun 2011 bukan sesuatu yang susah. Ketika kita melihat ke belakang di tahun 2010 mungkin banyak melakukan berbagai kesalahan atau menemui kegagalan , masalah dan tetek bengeknya tentu bisa menjadi pelecut di tahun baru ini. Membangun semangat dalam diri bisa di timbulkan dan bisa diwujudkan dengan mudah jika kita mengetahui tipsnya. Membangun semangat baru di tahun baru memang penting, semangat ini yang nantinya akan membuat aku semakin terus bersemangat dan ceria menyambut setiap pekerjaan yang aku jumpai di tahun baru ini.

Wassalam.

Baca Selengkapnya